Jogjakarta :  

 

|  Kontak Kami  |  Depan  |

Prof. Dr. Sunyoto Usman

Prof. Dr. Mudiyono

Prof. Dr. Tadjuddin Noer Effendi

Prof. Dr. Nasikun

Dr. Partini

Dr. Heru Nugroho

Dr. Susetiawan

Dr. Janianton Damanik

Dr. Suharko

Drs. Lambang Trijono,M.A

M. Najib, M.A (kandidat PhD)

Arie Setyaningrum, M.A

dll.

 

 

Jumlah pengunjung

sampai saat ini:

 

 

PROGRAM S3 SOSIOLOGI


 

LATAR BELAKANG

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada memiliki Program Pendidikan Sosiologi untuk jenjang S1 dan S2. Program ini telah banyak meluluskan Sarjana dan Master yang saat ini bekerja tersebar di seluruh Indonesia, baik sebagai pendidik, peneliti, dan praktisi. Dalam Rangka mendorong kontinyuitas pendidikan dari jenjang S2 ke S3 dan sekaligus meningkatkan kualitas lulusan Doktor Sosiologi, maka program pendidikan tersebut perlu distrukturkan. Selain itu, juga dimaksudkan untuk mengurangi kelemahan program pendidikan Doktor yang selama ini tidak terstruktur (by research).

Program Pendidikan Doktor (S3) Sosiologi bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik dalam mengembangkan bidang disiplin Sosiologi pada khususnya dan ilmu-ilmu sosial pada umumnya dengan derajat akademik tertinggi. Pendidikan ini diselenggarakan dengan cara terstruktur (kombinasi by course work dan by research) agar peserta memperoleh wawasan seluas-luasnya, memiliki kemampuan mandiri dalam penelitian dan sikap kedisiplinan yang tinggi sebagai ilmuwan sosial. Oleh karena itu, program diarahkan untuk menghasilkan ilmuwan sosial yang memiliki kemampuan intelektual maupun keahlian praktis yang handal dalam menganalisis, menginterpretasi, dan memecahkan problem sosial dalam masyarakat.

Program Pendidikan Doktor (S3) Sosiologi yang terstruktur diharapkan akan dapat memberikan bekal secara teoritis dan kemampuan praktis yang memadai bagi para kandidat Doktor Sosiologi baik dalam melakukan penelitian, maupun dalam pengambilan kebijakan.

 

TUJUAN

1.      Menghasilkan Doktor Sosiologi yang memiliki keahlian dalam bidang penelitian dan pengembangan bidang studi Sosiologi.

2.      Menghasilkan Doktor Sosiologi yang berwawasan luas dan kritis sehingga bermanfaat untuk pengembangan masyarakat.

3.       Menghasilkan Doktor Sosiologi yang memiliki bekal untuk dapat bekerja sebagai peneliti, praktisi, dan aktivitas sosial.

 

AKTIVITAS PROGRAM

 

SISTEM PEMBELAJARAN

Proses Pembelajaran diselenggarakan melalui metode seminar yang menuntut partisipasi aktif mahasiswa. Setiap mata kuliah diampu oleh dua orang atau lebih dosen bergelar S3. Jumlah tatap muka/seminar untuk setiap mata kuliah adalah maksimal 14 kali. Dosen pengampu menyusun topik-topik seminar dan bersama mahasiswa membuat jadwal pertemuan dan pembagian tugas bagi peserta. Dosen pengampu lebih berperan sebagai fasilitator daripada sebagai instruktur. Sistem penelitian didasarkan pada partisipasi dalam perkuliahan (dalam bentuk seminar) dan kualitas paper.

 

Mata kuliah (seminar) yang ditawarkan didesain untuk membantu mahasiswa dalam menulis disertasi. Daftar Mata Kuliah dan Silabus dievaluasi dan diperbarui pada setiap awal perkuliahan

 

Daftar Mata Kuliah (Seminar)

No.

Mata Kulai (Seminar)

SKS

Semester

1.

Perkembangan Teori-teori Sosial

3

I

2.

Metodologi dan Metode Penelitian Ilmu-ilmu Sosial

3

I

3.

Agama, Ideologi, dan Ilmu Pengetahuan

3

I

4.

Critical Review atas Teori dan Praktek Pembangunan

3

II

5.

Masyarakat Sipil, Kemajemukan, dan Demokrasi

3

II

6.

Seminar Penyusunan Proposal Disertasi

3

II

 

WAKTU STUDI

Program Doktoral Sosiologi didesain untuk diselesaikan selama 6 semester atau 3 tahun.

Semester pertama dan kedua (tahun pertama) dialokasikan untuk perkuliahan melalui seminar. Pada tahun kedua dan ketiga, alokasi waktu studi dipergunakan untuk ujian proposal, ujian komprehensif, menulis disertasi, dan ujian tertutup dan terbuka (atau publikasi jurnal). Masa perpanjangan studi adalah 2 tahun, sehingga total masa studi menjadi 5 tahun.

 

SISTEM EVALUASI

Program Doktoral Sosiologi melakukan evaluasi untuk mendorong mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu.

Evaluasi tersebut meliputi:

1. Evaluasi tahap pertama dilakukan pada akhir semester II tahun pertama, setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan untuk menilai kinerja dan kemampuan intelektual mahasiswa.

2. Evaluasi tahap kedua, dalam bentuk pra ujian komprehensif, dilakukan pada akhir semester II tahun pertama untuk mempersiapkan mahasiswa mengahadapi ujian komprehensif.

3. Evaluasi ketiga, dalam bentuk seminar ” progress report” yang dilakukan pada akhir semester II tahun kedua dan semester I tahun ketiga.

4. Evaluasi keempat, dalam bentuk penilaian kelayakan naskah disertasi untuk diuji secara tertutup. Evaluasi ini dilakukan pada akhir semester I tahun ketiga. Bagi naskah disertasi yang dinilai layak ujian, ujian tertutup dijadwalkan pada semester II tahun ketiga.

 

SISTEM DAN BENTUK UJIAN

1. Ujian komprehensif, dilakukan pada semester I tahun kedua. Pada tahap ini, mahasiswa yang tidak lulus ujian komprehensif tidak bisa melanjutkan program doktoral. Mahasiswa yang lulus ujian komprehensif diminta untuk segera melakukan kegiatan riset dan menulis disertasi.

2.  Ujian tertutup, dijadwalkan untuk dilakukan pada semester II tahun ketiga oleh sebuah tim penguji.

3. Ujian terbuka atau publikasi jurnal. Bagi yang lulus ujian tertutup memiliki dua pilihan untuk merampungkan program doktoralnya, yakni melalui ujian terbuka atau melalui publikasi naskah disertasi ke jurnal yang bermutu.

          

BIAYA PERKULIAHAN

Rp. 10.000.000,-/semester, dibayarkan persemester selama enam semester

 

SYARAT PENDAFTARAN

1.  Memiliki gelar S2 Sosiologi atau ilmu-ilmu Sosial lainnya

2.  IPK minimum 3,25

3.  Melampirkan TOEFL dengan skor minimum 450

4.  Melunasi biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,-

5.  Menyerahkan pas foto berwarna 4x6 sebanyak 4 lembar

6.  Proposal disertasi

7.  Mengikuti Ujian seleksi

8.  Persyaratan lain yang tercantum dalam formulir pendaftaran dan harus dilengkapi pada saat pengembalian formulir.

 

Jumlah peserta akan dibatasi 10 sampai dengan 15 orang

 

@2007 Program Pascasarjana Sosiologi - Universitas Gadjah Mada Yogyakarta

Kampus Fisipol UGM Jl. Sosio Yustisia No. 2 Bulaksumur Yogyakarta 55281